Misil Kapal Selam Korut Berawal dari Lelucon

korut-siagakan-300-peluncur-roket-di-perbatasan-korsel-JGApqjUas8WASHINGTON DC – Dulu, isu terkait kemampuan Korea Utara (Korut) untuk bisa meluncurkan misil balistik dari kapal selam, dianggap hanya lelucon belaka. Tapi Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya hanya bisa ketar-ketir ketika lelucon itu jadi kenyataan.

Sebelumnya, otoritas Korea Selatan (Korsel) melaporkan bahwa pada Sabtu, 23 April 2016 petang waktu setempat, Korut sukses menguji misil balistik kapal selam mereka. Disebutkan, Korut menembakkan misil kapal selam itu ke Laut Jepang. (Baca: Korut Tembakkan Misil Kapal Selam ke Laut Jepang)

Merespons hal ini, seorang otoritas AS yang tak disebutkan namanya, menyatakan bahwa pengujian misil balistik kapal selam itu tidak jadi ancaman langsung bagi AS, kendati tetap dianggap sebagai aksi provokatif.

“Peluncuran (misil kapal selam Korut) itu provokatif, tapi bukan ancaman bagi AS dan misil itu ditembakkan jauh dari Korsel dan Jepang,” tutur otoritas AS tersebut.

“Kemampuan Korut untuk meluncurkan misil kapal selam berawal dari lelucon dan kini menjadi sesuatu yang sangat serius,” tambahnya, sebagaimana dilansir CNN, Minggu (24/4/2016).

Sementara itu juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) AS, Laksamana Muda (Purn) John Kirby menanggapi peluncuran misil balistik kapal selam Korut itu, sebagai pelanggaran dari beberapa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

“Kami telah melihat laporan bahwa Korut meluncurkan apa yang disebutkan sebagai misil balistik dari kapal selam di Laut Jepang. Peluncuran menggunakan teknologi misil balistik, jelas merupakan pelanggaran dari beberapa resolusi DK PBB, timpal Kirby.

“Kami menyerukan pada Korut menahan diri dari aksi-aksi lebih jauh yang bisa mengganggu stabilitas kawasan dan lebih baik fokus untuk mengambil langkah konkret terhadap pemenuhan komitmen dan kewajiban internasional,” lanjutnya.

“AS tetap tegar dengan komitmennya terkait pertahanan dari sekutu-sekutunya. Kami akan terus berkoordinasi lebih dekat dengan Korsel, Jepang dan sekutu serta mitra-mitra kami lainnya,” tandas Kirby.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s