Tak Hanya Lebaran, Pengusaha Wajib Beri THR di Hari Besar Ini

tak-hanya-lebaran-pengusaha-wajib-beri-thr-di-hari-besar-ini-pAv0LhFFPIJAKARTA – Perusahaan kini diwajibkan untuk membayarkan THR bagi karyawan dengan masa kerja minimal satu bulan. Waktu minimum kerja untuk mendapatkan THR pun dipangkas dari sebelumnya selama tiga bulan.

Pengusaha pun wajib membayar THR pada setiap hari besar seusai dengan hari raya keagamaan para karyawan. Terdapat beberapa hari besar yang wajib diikuti oleh pengusaha untuk membayarkan THR bagi para karyawan.“Hari besar itu ada hari besar Nyeri, Waisak, Natal, Lebaran dan Imlek,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial Jaminan Sosial Kemenaker Haiyani Rumondang, dalam acara dalam acara diskusi mengenai THR di Fave hotel, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Apabila pengusaha tidak membayar THR pada hari besar ini, maka terdapat sanksi yang harus diterima oleh pengusaha, yaitu sanksi teguran hingga penghentian operasi sementara. Selain itu, juga terdapat denda hingga 5 persen dari total THR yang harus dibayarkan.

Tak hanya itu, juga terdapat sanksi sosial yang akan diberikan. Di antaranya adalah dengan mencantumkan nama-nama perusahaan yang telat melakukan pembayaran THR.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s